SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan
Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menalar
dan menganalisis struktur,
tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol,
alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).
|
Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa:
·
Asam alkanoat
·
Alkil alkanoat
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan
cara membaca/ melihat/ mengamati/
menyimak tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa
asam alkanoat dan alkil alkanoat
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan,asam
cuka dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat
yang lain juga bisa?
·
senyawa-senyawa ester apa
saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus struktur
dan isomer senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·
Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari
literatur.
·
Merancang, kemudian
melakukan percobaan pembuatan alkil alkanoat
· Mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam
alkanoat dan alkil alkanoat apa saja yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus
molekul dengan senyawa asam alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan
pembuatan ester.
Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat
dan alkil alkanoat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
·
Mencari ester (alkil
alkanoat) yang sering digunakan dalam industri makanan/minuman
·
Merancang percobaan
esterifikasi
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan (mengukur
volume, suhu, meneteskan larutan, dll), dan diskusi, serta presentasi
Portofolio
·
Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat,
kegunaan dan identifikasi senyawa asam alkanoat (asam karboksilat) dan
alkil alkanoat (ester)
|
1 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
Menalar dan menganalisis struktur, tata
nama, sifat, dan kegunaan benzen dan turunannya.
|
Struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
|
Mengamati (Observing):
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak
tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
Menanya
(Questioning)
·
Mengapa TNT dapat
digunakan sebagai bahan peledak
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa benzen dan turunannya
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa benzen dan turunannya
·
Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa benzen
dan turunannya (penyebab kestabilan benzen, reaksi-reaksi substitusi
meliputi: nitrasi, sulfonasi, halogenasi, dan alkilasi dll) dari literatur.
·
Mendiskusikan kegunaan
benzen dan turunannya
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa benzen dan
turunannya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
·
Mencari literatur/artikel
tentang bahaya zat pewarna (diazo) tekstil bila digunakan untuk makanan
·
Membuat peta konsep
tentang senyawa benzen dan turunannya
Observasi
· -
Portofolio
-
Peta konsep
-
Artikel yang ditulis
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan
benzen dan turunannya.
|
2 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
Situs kimia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar