Cari Blog Ini

Senin, 11 November 2013

SILABUS KIMIA: MATERI ALKIL ALKANOAT DAN BENZENA

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)

Satuan Pendidikan    : SMA/MA
Kelas                           : XII
Kompetensi Inti        
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Menalar dan menganalisis struktur,  tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).

Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa:
·  Asam alkanoat
·  Alkil alkanoat

Mengamati (Observing): 
·      Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat

Menanya (Questioning)
·      Mengajukan pertanyaan,asam cuka dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat yang lain juga bisa?
·      senyawa-senyawa ester apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengumpulkan data (Experimenting)
·    Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·    Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·    Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari literatur.
·   Merancang, kemudian melakukan percobaan pembuatan alkil alkanoat
·   Mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi (Associating)
·      Menghubungkan rumus molekul dengan senyawa asam alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).
·      Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya
Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Mengkomunikasikan  secara tertulis (membuat  laporan tertulis)  atau lisan tentang hasil percobaan pembuatan ester.
Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas
·    Mencari ester (alkil alkanoat) yang sering digunakan dalam industri makanan/minuman
·    Merancang percobaan esterifikasi

Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan (mengukur volume, suhu, meneteskan larutan, dll), dan diskusi, serta presentasi
Portofolio
·     Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·    Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa asam alkanoat (asam karboksilat) dan
    alkil alkanoat   (ester)

1 mgg X 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
·  Situs kimia tentang Kimia Karbon

Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan benzen dan turunannya.
Struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
Mengamati (Observing): 
·   Mencari  informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan   benzen dan turunannya.

Menanya (Questioning)
·    Mengapa TNT dapat digunakan sebagai bahan peledak

Mengumpulkan data (Experimenting)
·    Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa benzen dan turunannya
·    Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa benzen dan turunannya
·   Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa benzen  dan turunannya (penyebab kestabilan benzen, reaksi-reaksi substitusi meliputi: nitrasi, sulfonasi, halogenasi, dan alkilasi dll)  dari literatur.
·   Mendiskusikan kegunaan benzen dan turunannya

Mengasosiasi (Associating)
·    Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya.

Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa benzen dan turunannya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas
·   Mencari literatur/artikel tentang bahaya zat pewarna (diazo) tekstil bila digunakan untuk makanan
·   Membuat peta konsep tentang senyawa benzen dan turunannya

Observasi
·     -
Portofolio
-     Peta konsep
-     Artikel yang ditulis

Tes tertulis
·     Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan   benzen dan turunannya.

2 mgg X 4 jp
·  Buku Kimia Kelas XII
·  CD Kimia Karbon
Situs kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar